SMP Anak Terang

Pendidikan Karakter

SMP Anak Terang memiliki tujuan utama untuk mengembangkan karakter siswa dengan nilai-nilai kewarganegaraan yang baik serta berprestasi dalam bidang akademik. Di lingkungan sekolah, SMP Anak Terang memprioritaskan pembangunan karakter positif bagi siswa yang mencerminkan nilai-nilai inti dari Yayasan Anak Terang yaitu Love, Diversity, Respect, Pride, Quality, dan Social Responsibility.

Kami membimbing setiap siswa agar memiliki nilai-nilai kejujuran, integritas, serta rasa hormat terhadap orang lain di seluruh lingkungan pembelajaran inklusif dari Sekolah Anak Terang.

Sekolah Menengah Pertama
(Usia 12-15 Tahun)

Sekolah Menengah Pertama Anak Terang sangat mengedepankan metode pembelajaran yang mandiri dan juga membekali siswa dengan berbagai keterampilan yang diperlukan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sistem pengajaran di SMP Anak Terang mendorong pengembangan peserta didik agar berpikiran terbuka dan kreatif. Sekolah Menengah Pertama Anak Terang ingin menginspirasi siswa agar dapat berpikir secara kritis serta memiliki rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap keseluruhan proses pembelajaran dan prestasi.

Proses Belajar Mengajar

Proses belajar mengajar yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Anak Terang mengacu pada Kurikulum 2013 dengan prinsip sebagai berikut:

1. Pembelajaran Berbasis Inkuiri

Metode belajar mengajar ini mengacu pada proses belajar untuk mengembangkan keterampilan dalam proses pengolahan informasi dan pemecahan masalah. Guru hanya berperan sebagai fasilitator sedangkan siswa sendiri yang akan lebih terlibat dalam konstruksi pengetahuan secara langsung.Setiap ruang kelas di SMP Anak Terang dilengkapi dengan infocus untuk memudahkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

2. Pembelajaran Berbasis Permasalahan

Pendekatan ini lebih mengarahkan siswa agar dapat mengambil inisiatif dan tanggung jawab, membangun kepercayaan diri, memecahkan masalah, bekerja sama dalam tim, mengomunikasikan ide, serta pengelolaan diri sendiri secara lebih efektif.

Ruang kelas di SMP Anak Terang selalu didesain dalam kelompok agar siswa dapat berinteraksi satu sama lain, mengajari mereka bekerja secara berpasangan/kelompok atau bahkan dengan teman sebaya yang membutuhkan bantuan.

3. Pembelajaran Berbasis Penemuan

Pendekatan ini akan lebih menarik pengalaman siswa untuk dapat berinteraksi dengan lingkungannya, serta mengeksplorasi, dan memanipulasi sebuah objek atau pertunjukan. SMP Anak Terang membimbing pembelajaran siswa melalui kegiatan outdoor seperti study trip, field trip, hingga mengamati benda atau lingkungan di luar kelas.

Kurikulum kami dirancang untuk menantang siswa agar mau meningkatkan keterlibatan mereka dengan komunitas.
Selain meningkatkan kesadaran lokal dan global mereka, Sekolah Menengah Pertama Anak Terang juga berfokus untuk membantu siswa dalam menggali makna dan hubungan dalam setiap pembelajaran yang mereka dapatkan.

Our Teachers

Our Qualified Teacher

about us

What They Say
About Sekolah Anak Terang (SMP)