Lingkungan belajar Sekolah Anak Terang dirancang untuk merangsang kreativitas siswa serta siap dalam mendukung berbagai interaksi belajar, baik itu antar siswa maupun siswa dengan guru.
Sekolah Anak Terang memiliki ruangan indoor & outdoor untuk berbagai kegiatan pembelajaran seperti Learning Centers dan program Learn and Discover. Lingkungan belajar di Sekolah Anak Terang adalah lingkungan yang ramah terhadap siswa, sehat, nyaman, serta berkualitas. Sekolah ini berkomitmen untuk menyediakan kurikulum pembelajaran yang inklusif dengan program-programnya yang ramah terhadap siswa dan memastikan kesempatan dan akses yang sama untuk seluruh siswa-siswi Sekolah Anak Terang.
Proses pembelajaran di Sekolah Anak Terang dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk dapat bekerja dalam kelompok dan mendorong interaksi melalui: Proyek, Diskusi Kelompok, Kegiatan Individu, Kelompok Besar & Kecil, Eksplorasi, Eksperimen, Investigasi, Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif . Proses pembelajaran dengan metode Active Learning ini turut melibatkan siswa dalam mengerjakan proyek sains, sosial, dan lainnya dengan menggunakan eksplorasi indoor dan outdo.
Peran guru / pendidik adalah sebagai fasilitator. Sebagai fasilitator, setiap pengajar dan pendidik akan berperan serta untuk mendukung berbagai strategi; di antaranya adalah Scaffolding atau menggali pengetahuan siswa, Perencanaan, Observasi, Evaluasi, Menawarkan pilihan, Mengajukan Berbagai Pertanyaan, Membimbing, Role Modeling, Mediasi, dan Berkolaborasi agar terjadinya interaksi efektif dengan seluruh siswa. Guru juga menggunakan pendekatan praktek yang sesuai dengan perkembangan siswa dan perubahan kondisi saat ini. Di Sekolah Anak Terang, setiap guru mengembangkan kemampuan serta keahlian profesinya sebagai pengajar dan pendidik melalui berbagai Program Pelatihan Guru, Lokakarya Pendidikan, dan pertemuan mingguan lainnya yang tersedia di Yayasan Anak Terang
Kurikulum 2013 atau K-13 diimplementasikan di Sekolah Anak Terang dengan tujuan untuk mempersiapkan seluruh siswa agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Kurikulum ini juga bertujuan agar seluruh siswa Anak Terang mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa,bernegara, dan peradaban dunia. Kurikulum yang dirancang oleh Sekolah Anak Terang telah disesuaikan dengan standar dan pedoman nasional di bawah pengawasan pemerintah daerah.
CTL adalah konsep belajar mengajar yang bertujuan untuk menghubungkan isi materi pelajaran dengan situasi yang terjadi di dunia nyata. Pendekatan kurikulum CTL sangatlah penting untuk memotivasi siswa agar dapat membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga, warga negara, ataupun individu yang berjiwa tangguh.
© 2022 Yayasan Anak Terang.