Contoh Sikap Mandiri Dalam Lingkup Sekolah, Masyarakat dan Rumah

Di dunia ini banyak sekali contoh sikap mandiri yang dapat kita temui, entah itu di sekolah, rumah, maupun lingkungan masyarakat. Lantas apa itu mandiri? Mandiri merupakan salah satu sikap atau kondisi mental seseorang yang bebas dalam melakukan apapun sesuai dengan keinginan dirinya sendiri tanpa membutuhkan pertolongan orang lain.

Selain itu, orang yang sudah memiliki sikap mandiri biasanya akan bertanggung jawab terhadap semua keputusan yang telah diambilnya. Jadi mereka seringkali menyelesaikan masalah dengan solusi yang sudah mereka pertimbangkan dengan matang tanpa membutuhkan orang lain untuk membantunya.

Tak hanya itu, orang yang sudah memiliki sikap mandiri biasanya juga memiliki kepribadian yang tangguh. Nah di artikel ini kita akan membahas beberapa contoh seseorang yang memiliki sikap mandiri. Apakah Anda ada untuk jadi salah satunya?  

Inilah Contoh Sikap Mandiri Seseorang

Sikap mandiri tentunya tidak semua orang memilikinya. Tetapi menjadi pribadi yang mandiri ini perlu jiwa dan mental yang kuat. Mengapa demikian? Sebab seseorang yang memiliki sikap mandiri tentunya akan lebih suka melakukan aktivitas seorang diri daripada harus meminta tolong orang lain.

Selain itu, ia juga akan berbuat sesuai dengan keinginan dirinya sendiri tanpa ada orang lain yang mengganggunya. Maka dari itu, tak heran jika orang yang memiliki sikap mandiri pasti juga mempunyai pribadi yang tangguh.

Tak hanya itu saja, seseorang yang memiliki sikap mandiri ini sangat menimbulkan banyak sisi positif. Sebab, ia tidak akan merepotkan siapapun selagi masih bisa melakukannya seorang diri. Beberapa contoh sikap mandiri seseorang antara lain yaitu:

  • Memiliki kemampuan untuk memulai usaha dalam segala hal
  • Memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tanggung jawabnya secara tepat waktu tanpa bantuan orang lain
  • Inisiatif untuk memulai sesuatu hal yang baru
  • Selalu merasa puas dari apa yang telah dilakukannya seorang diri
  • Dapat mengatasi segala permasalahan yang sedang menimpa dirinya tanpa memerlukan bantuan orang lain
  • Selalu mempunyai keinginan untuk membantu orang lain
  • Mempunyai kemampuan dalam berpikir kritis, kreatif serta inovatif. 
  • Tidak pernah insecure atau minder dengan pendapat orang lain
  • Selalu menerima nasehat dan masukan-masukan dari orang lain.

Kemandirian tentunya dapat merubah seseorang menjadi pribadi yang memiliki integritas tinggi. Anda dapat mengukur atau melihat standar kemandirian seseorang dari usia, juga pekerjaannya.

Salah satu yang memiliki sikap mandiri adalah tidak pernah meminta sesuatu atau merepotkan orang tua. Seperti contoh seseorang yang dapat mencari uang sendiri tanpa mengharapkan pemberian dari keluarga untuk biaya kuliah dan lain sebagainya. 

Berikut ini beberapa contoh sikap mandiri yang kerap ditemui di beberapa lingkungan seperti, sekolah, masyarakat dan pekerjaan. 

Contoh Orang yang Memiliki Sikap Mandiri di Sekolah

Di sekolah, tak sedikit orang yang memiliki sikap kemandirian tinggi. Biasanya seseorang yang memiliki sikap mandiri, ia lebih suka untuk menyendiri daripada harus bergabung dengan teman-teman mereka. 

Namun yang menyendiri bukan karena apa-apa, ia hanya tidak mau membuang-buang waktu hanya untuk menongkrong saja. Beberapa contoh sikap kemandirian seseorang di sekolah antara lain:

Selalu Mengerjakan Piket Kelas

Setiap kelas pasti memiliki jadwal piket dan banyak siswa yang malas melakukan tugasnya. Namun berbeda dengan seseorang yang memiliki sikap mandiri. Tentunya ia akan mengerjakan tugas tersebut tanpa harus disuruh. Bahkan, ia akan mengerjakannya secara maksimal. 

Pulang Pergi Sekolah Sendiri

Seorang anak yang mandiri pastinya akan lebih memilih berangkat ataupun pulang sekolah sendiri. Namun seorang anak yang memiliki sikap seperti ini tidak banyak. Hal ini wajar sebab mereka takut terjadi apa-apa di jalan. Namun, jika anak yang memiliki sikap mandiri, sangat berbeda. Karena justru ia akan malu ketika diantar oleh keluarganya. 

Mengerjakan PR Tanpa Bantuan Orang Lain

Kebanyakan anak pasti akan lebih memilih untuk meminta bantuan orang lain pada saat mengerjakan PR. Bahkan tak sedikit anak yang mencontek pekerjaan orang lain. Namun jika seseorang yang memiliki sikap mandiri, ia akan mengerjakan tepat waktu dan semaksimal mungkin mengerjakannya sendiri tanpa ragu akan salah. Hal itu tentunya merupakan salah satu contoh sikap mandiri yang dimiliki oleh anak. 

Sikap Mandiri di Lingkungan Masyarakat

Tak hanya di sekolah, namun di lingkungan masyarakat kita juga dapat menemukan contoh seseorang yang memiliki sikap mandiri, antara lain:

Mengikuti Kegiatan Masyarakat

Mengikuti kegiatan di lingkungan masyarakat merupakan salah satu tanda bahwa kita memiliki sikap mandiri. Salah satu kegiatan yang sering diadakan di lingkungan masyarakat yaitu ronda malam. Dengan selalu mengikuti kegiatan ronda malam, maka Anda merupakan salah satu seseorang yang memiliki sifat aktif dan mandiri. 

Tidak Berhutang ke Tetangga

Salah satu tanda bahwa kita memiliki sikap yang mandiri adalah tidak sering berhutang kepada tetangga. Pastikan Anda dapat melakukan manajemen finansial dengan benar. Sehingga Anda tidak perlu menggerakkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu seseorang yang sudah dapat mengatur finansial, tentunya mereka merupakan salah satu ciri-ciri orang yang mandiri. 

Menolong Tetangga

Salah satu level tertinggi kemandirian seseorang dalam lingkup masyarakat yaitu saling menolong ketika tetangga mengalami kesusahan. Pada saat Anda sudah lulus dalam label mandiri secara finansial, maka yang harus Anda lakukan adalah menolong tetangga yang membutuhkan Anda. 

Sikap Mandiri di Rumah

Salah satu contoh sikap mandiri akan terlihat adalah pada saat mereka di rumah. Jika seseorang mempunyai inisiatif untuk melakukan pekerjaan rumah, tentu saja hal tersebut merupakan salah satu contoh seseorang yang memiliki sikap mandiri. Beberapa tanda seseorang memiliki sikap mandiri di rumah antara lain:

Membantu Orang Tua

Di dalam kehidupan keluarga pastinya orang tua selalu membutuhkan pertolongan anaknya. Nah apabila Anda memiliki sikap Mandiri, tanpa disuruh pun pastinya Anda akan langsung menolong orang tua Anda. 

Mengerjakan Kewajiban Rumah

Mengerjakan pekerjaan rumah juga merupakan salah satu contoh sikap mandiri seseorang. Biasanya kebanyakan orang lebih suka rebahan di kamar dan mengandalkan orang tua untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Hal ini tentunya merupakan salah satu sikap yang perlu Anda hindari.

Salah satu contoh bahwa seseorang tersebut memiliki sikap mandiri adalah ia akan selalu mengerjakan pekerjaan rumah tanpa disuruh. Sebab dia berpikir bahwa jika mereka membersihkan rumah tentunya akan terasa lebih nyaman jika dirasakan oleh dirinya dan keluarganya. 

Tidak Membayar Pembantu

Sikap kemandirian seseorang tentunya akan terlihat apabila rumahnya tidak ada pembantu. Sebab secara langsung pastinya ia akan mengerjakan seluruh pekerjaan rumah secara maksimal. Sehingga meskipun tanpa pembantu rumah tetap akan terkondisikan. 

Contoh sikap mandiri di atas merupakan salah satu aktivitas kemandirian yang sering dilakukan oleh orang-orang berkepribadian mandiri. Untuk Anda yang ingin mencari informasi-informasi lain, Anda dapat mengunjungi web yat.sch.id. Dalam web tersebut, Anda akan menemukan beberapa contoh tentang kepribadian seseorang dan masih banyak lagi. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp