Macam-Macam Kecerdasan Anak untuk Menentukan Cara Belajarnya

Berbagai macam kecerdasan anak akan berpengaruh terhadap masa depan mereka. Pasalnya kecerdasan seperti ini memiliki penanganan dan cara didik yang berbeda pula.

Maka dari itu, sebelum memasuki dunia anak-anak kita harus mencari ilmu mengenai parenting. Sehingga nantinya anak akan mendapatkan pola asuh yang sesuai tanpa mengabaikan masing-masing karakter mereka.

Pada dasarnya semua anak pasti memiliki kecerdasan yang secara khusus namun berbeda-beda. Oleh karena itu kami akan membahas beberapa jenis berikut ini untuk mempertimbangkan bagaimana cara pembelajarannya.

Semua bisa kita pelajari dan perhatikan dari kecenderungan masing-masing. Jadi kita bahas satu persatu saja langsung berikut ini khusus untuk Anda.

Macam-Macam Kecerdasan Anak Menentukan Cara Belajar

Karena masing-masing anak memiliki pola pikir dan kecerdasan masing-masing. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa jenisnya secara lengkap khusus untuk Anda.

Word Smart atau Kecerdasan Linguistik

Beberapa anak memiliki jenis kecerdasan seperti ini, biasanya mereka memiliki kecenderungan yang berkaitan dalam bentuk linguistik. Misalnya mereka bisa dengan mudah memahami mengenai kemampuan dalam membaca, mengeja, berbicara, bahkan ketika mereka mendengarkan.

Kemampuan seperti ini bisa kita kembangkan dalam pembelajaran dengan cara mendengarkan dan berbagi cerita. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita memperhatikan hal seperti ini pada anak di sekitarnya. Sehingga tidak dengan sembrono bisa memutuskan bagaimana mereka saling bertukar kata-kata.

Banyak orang yang tidak memperhatikan sehingga anak tidak menyalurkan bakat tersebut dengan baik dan benar. Apabila kecerdasan seperti ini terasah dengan baik maka akan memberikan potensi dalam bidang bahasa yang lebih baik. Coba anda perhatikan jenis pertama ini, bisa jadi Anda atau orang sekitar anda  memiliki kecerdasan yang satu ini.

People Smart atau Kecerdasan Interpersonal

Jenis kecerdasan anak yang selanjutnya ini memiliki kelebihan dalam pembawaan diri. Karena mereka biasanya memiliki kendali pada diri sendiri sehingga mampu beradaptasi dengan baik. Pembawaan diri mereka mudah bersosialisasi dan berempati membuatnya mudah berbaur.

Biasanya orang yang memiliki kecerdasan jenis ini memiliki personaliti yang sangat baik. Maka dari itu orang seperti ini memiliki bibit untuk menjadi pemimpin. Karena bisa mengatur ke arah mana mereka bersosial sehari-harinya.

Tidak jarang anak seperti ini mampu memahami dan membaca situasi dengan baik. Bisa kita sebut dengan perilaku yang cukup mengayomi dan mampu menyesuaikan diri. Kecerdasan seperti ini ada yang benar-benar bakat dari lahir dan tidak bisa diganggu gugat karena merupakan sikap alamiahnya.

Number Smart atau Kecerdasan Logika atau Sistematis

Jenis kecerdasan anak yang selanjutnya adalah keterampilan dengan menghitung dan memperkirakan dengan sistematis. Biasanya anak jenis ini mampu menguasai materi yang berkaitan dengan logika, sistematika, sains, dan berbagai keterampilan berhitung.

Sehingga kita dapat menggunakan berbagai masalah sebagai contoh pembelajaran anak dengan kecerdasan seperti ini. Misalnya, pembelajaran menggunakan beberapa objek yang memiliki angka, balok, atau teka-teki.

Mereka memiliki kepentingan dengan caranya sendiri. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan bagaimana mereka memiliki ketertarikan terhadap objek, tempat, atau tontonan yang mereka pilih.

Self Smart atau Kecerdasan Intrapersonal

Jenis kecerdasan anak yang selanjutnya ini memiliki ciri pembawaan dalam mengatur emosi dengan cukup baik. Karena memiliki kesukaan untuk belajar sendiri daripada berkelompok. Namun mereka dengan diam sudah mempertimbangkan dengan pasti apa yang disukai dan mana yang tidak.

Sehingga ketika belajar akan mudah baginya untuk memperkirakan apa yang perlu ditekuni. Nah, ketika Anda memiliki tipe anak seperti ini, cobalah untuk membantu mereka mengungkapkan perasaannya. Jangan terlalu menyendiri dan akhirnya tidak saling memahami.

Maka dari itu saling berkomunikasi dengan baik, ajarkan hal seperti ini. Dalam masalah apapun ajarkan untuk saling terbuka dan memecahkan masalah bersama. Oleh karena itu kami akan merekomendasikan kegiatan yang membantu merefleksikan diri seperti olahraga yoga.

Music Smart atau Kecerdasan Musikal

Jenis kecerdasan anak yang selanjutnya ini memiliki kecenderungan dalam menyukai musik. Karena itu biasanya mereka mengikutsertakan alunan musik dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Kemampuan mereka dalam menyerap ilmu yang berkaitan dengan musik juga cenderung terlihat jelas.

Ketika dalam pembelajaran mengenai musik atau lainnya, mereka akan dengan santai dan mengikutinya tanpa kesulitan. Sepertinya Tuhan memberikan mereka bakat tersebut dan kita hanya perlu membimbing anak tersebut untuk mengembangkannya. Banyak orang besar yang akhirnya berhasil dengan mengikuti intuisi bermusiknya.

Kita dengan mudah bisa memperhatikan kebiasaan anak tersebut dari hal-hal kecil. Seperti hal-hal yang berkaitan dengan audio dan mereka mudah mengingatnya. Hal seperti ini jelas akan bisa kita jadikan pegangan utama dan tidak akan meleset.

Jika berhasil kita kembangkan kecerdasan seperti ini bisa menjadi jalan keluar berkarir. Maka dari itu jangan sampai Anda melewatkan dan justru melewatkannya begitu saja.

Picture Smart atau Kecerdasan Spasial

Jenis kecerdasan anak yang satu ini memiliki daya kreatifitas yang lebih. Pasalnya imajinasi mereka sudah berasal dari bakat alami yang Tuhan berikan. Coba perhatikan jika anak tersebut memiliki kemampuan dalam gambar-menggambar atau bahkan melukis.

Karena biasanya kita akan dengan mudah mengetahui bagaimana skill-skill tersebut dari ketika mereka mendapatkan tugas menggambar. Oleh karena itu perhatikan bagaimana anak-anak tersebut terlihat menikmati pelajaran seperti ini atau tidak. Jika mereka merasa tertekan berarti tidak merasakan nyaman dan kesenangan.

Body Smart atau Kecerdasan Kinetik

Jenis kecerdasan anak yang memiliki banyak sekali pemiliknya. Karena anak-anak dengan kecerdasan seperti ini jelas memiliki kecenderungan dalam berolahraga. Sehingga nantinya mereka akan lebih menikmati pelajaran dalam bidang olahraga.

Kegiatan sehari-hari mereka lebih aktif dan jelas menikmatinya. Misalnya seperti berolahraga, menari dan aktif untuk menikmati berbagai kegiatan.

Sehingga tidak akan keberatan jika harus mengikuti kegiatan yang bersifat fisik. Salurkan kecenderungan anak seperti ini agar mereka lebih tersalurkan dengan baik.

Ajak anak-anak berolahraga dan aktif menikmati banyak kegiatan yang positif. Mereka akan terbiasa dan menikmatinya sampai ketika beranjak dewasa kelak.

Nature Smart atau Kecerdasan Naturalis

Masih berhubungan dengan kecerdasan jenis sebelumnya, karena jenis yang satu ini memiliki kesenangan dengan alam. Pasalnya mereka jelas akan lebih menyukai hal yang berbau dengan tanaman, hewan dan sebagainya.

Anak akan menikmati berbagai hal tersebut dengan pasti dan jelas. Maka dari itu perhatikan dan ajak mereka lebih menikmati pemandangan dan aktivitas alam. 

Macam-macam kecerdasan anak yang kita bahas tersebut memiliki ciri khas berbeda-beda.

Sehingga mereka akan mendapatkan cara pembelajaran dan penangan berbeda pula. Maka dari itu kita bisa coba mempertimbangkan https://yat.sch.id/ untuk pendidikan yang berkualitas. Pasalnya disini menyediakan pengalaman yang berkualitas untuk semua jenjang pendidikan.

Macam-macam kecerdasan anak akan tertangani dengan baik apabila Anda memilih sekolah ini. Jadi tidak perlu khawatir akan bakat dan tumbuh kembang anak kita. Karena semua menggunakan cara pendidikan yang tepat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp